Macam-macam Minuman Bersoda

Written By komp limpulima on Rabu, 18 April 2012 | 21.46

Macam-macam Minuman Bersoda ANDA bisa saja memilih merayakan pergantian tahun dengan teman atau keluarga ditemani minuman beralkohol. Akan tetapi, pastikan menghindari mabuk yang justru akan mengganggu aktivitas Anda di keesokan harinya. Bagaimana caranya? Pilihlah minuman yang tepat. Berikut uraian dari pakar toksikologi alkohol Profesor Wayne Jones dari University of Health Sciences  Swedia mengenai jenis-jenis minuman dan efek mabuk masing-masing.

Selain jenis minuman, pastikan mengikuti jumlah yang dianjurkan. laki-laki seharusnya tidak minum lebih dari 3-4 unit sehari, sedang perempuan 2-3 unit.

Pastikan juga minum alkohol saat perut dalaam keadaan terisi."Jika minum alkohol dalam kondisi perut kosong, penyerapannya sangat cepat bahkan sebandingkan dengan menyuntikkan alkohol langsung ke pembuluh darah," tutur Jones, seperti dikutip situs dailymail.

Vodka

Vodka dibuat dengan cara memfermentasikan biji-bijian atau tanaman seperti kentang dengan jamur. Hasil fermentasi kemudian dimurnikan dan disaring berulang-ulang hingga sejernih mungkin.

Kalori: Karena vodka tidak mengandung karbohidrat atau gula, maka kandungan kalorinya hanya berasal dari ethanol (sekitar 7 kalori per gram), membuat vodka sebagai pilihan minuman yang paling tidak menggemukkan. Satu takar vodka ukuran 35 ml hanya mengandung sekitar 72 kalori.

Pro: Vodka merupakan minuman beralkohol paling bersih karena hampir tidak mengandung komponen tidak murni yang terbentuk selama proses fermentasi. Hal ini turut berpengaruh terhadap tingkat keparahan mabuk Anda. Menurut British Medical Association, terlepas dari tingginya kandungan alkohol di dalamnya (sekitar 40 persen), vodka merupakan minuman yang memiliki kemungkinan paling kecil membuat Anda mabuk.

Kontra: Vodka sering menjadi faktor penyebab kematian akibat minum berlebih karena hampir tidak berasa saat dipadukan dengan jus buah atau minuman lain.

Whisky

Whisky atau scotch disaring dari biji-bijian yang telah difermentasikan, seperti jelai atau gandum, kemudian disimpan di tong kayu.

Kalori: Sekitar 80 kalori per 35 ml

Pro: Menurut Dr Jim Swan dari Royal Society of Chemists, whisky dari biji gandum mempunyai kadar asam ellagic tinggi. Asam kuat ini menghambat pertumbuhan tumor yang disebabkan oleh karsinogen tertentu dan membunuh sel-sel kanker tanpa merusak  sel-sel sehat.

Kontra: Whisky memicu perilaku yang tidak menentu dan tidak bisa diramalkan. Hal ini, menurut Jones, dipengaruhi oleh cara minum konsumen yang seringkali hanya minum whisky murni. Hasil percobaan yang dilakukan Jones menunjukkan  bahwa di antara mereka yang minum alkohol dalam jumlah sama, peminum whisky paling cepat memiliki kadar alkohol tertinggi dalam darah. Proses ini terjadi kurang dari satu jam setelah minum.

Untuk memperlambat penyerapan, terang Jones, ada baiknya mengencerkan whisky terlebih dahulu dengan komponen padat kalori seperti krim.

Whisky juga mengandung banyak congener, yang cenderung terbentuk saat proses penuaan whisky di tong. Sebuah studi yang dilakukan BMA menemukan bahwa, Bourbon Whisky memicu mabuk 2 kali lipat dibandingkan vodka dalam jumlah yang sama.

Anggur putih

Anggur putih terbuat dari hasil fermentasi jus anggur (tanpa disertai biji dan kulit buah).

Kalori: Sekitar 30 kalori per satu takar gelas berisi 175 ml

Pro: Peneliti dari Amerika menemukan bahwa daging anggur mengandung zat kimia tyrosol dan hydroxytyrosol yang membantu menurunkan kolesterol jahat penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Kontra: Sulfit yang terbentuk secara alami atau sulfit yang ditambahkan pada anggur putih sebagai pengawet untuk mencegah perubahan warna anggur menjadi cokelat merupakan pemicu mabuk. Selain itu, sulfit juga bisa memicu reaksi alergi yang akan memperparah gejala-gejala sakit kepala atau asma. Anggur putih juga mengikis lapisan email gigi dengan cepat, sehingga membuat gigi lebih sensitif.

Untuk memperlambat penyerapan, cobalah mengencerkan anggur terlebih dahulu dengan makanan kaya kalori seperti krim.

Anggur merah

Anggur merah terbuat dari fermentasi jus anggur, termasuk kulit dan biji buah. Kemudian dibiarkan selama paling tidak 3 tahun. Dalam rentang waktu ini, pigmen dari kulit anggur akan melebur dan mewarnai anggur.

Kalori: Sekitar 120 kalori dalam satu gelas standar

Pro: Mengandung lebih banyak resveratrol (antioksidan tumbuhan) dibandingkan anggur putih. Kandungan ini membantu mencegah pengentalan darah dan mengurangi peradangan (yang diyakini berkaitan dengan penyakit jantung). Selain itu, biji buah dan kulit yang digunakan dalam anggur merah mengandung tyrosol dan hydroxytyrosol, zat kimia yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Kontra: Kondisi mabuk yang disebabkan oleh anggur merah lebih parah dibandingkan bir atau anggur putih. Karena proses pembuatannya, anggur merah memproduksi 2 tipe alkohol, ethanol dan methanol. Hati akan mengolah ethanol terlebih dahulu dan membiarkan methanol. Sebagai akibatnya, methanol akan terapung di dalam tubuh lebih lama dibandingkan ethanol, sehingga membuat Anda pusing saat terbangun di pagi hari.

Bir

Bir dibuat dengan cara memfermentasikan jelai. Kemudian ditambah sejensi tanaman rambat untuk menambah rasa dan jamur untuk membuat biji-bijian tersebut berfermentasi menjadi gula dan alkohol.

Kalori: Bir merupakan minuman beralkohol yang paling kaya kalori. Sekitar 0.56 liter bir mengandung antara 170 dan 200 kalori.

Pro: Bir merupakan minuman yang paling tidak berisiko dan kecil kemungkinan membuat Anda mabuk. Bir juga mengandung kadar alkohol paling rendah, antara 3 dan 6 persen untuk jenis bir ringan, dan hingga 8 persen untuk bir yang lebih kuat.

Kontra: Menurut sebuah studi dari Massachusetts General Hospital, bir banyak mengandung purin, yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini bisa menyembabkan pembentukan kristal di persendian, memicu serangan sakit encok.

Selain itu, studi yang dipublikasikan di International Journal of Cancer menunjukkan bahwa satu pint (0.56 liter) bir sehari meningkatkan risiko kanker usus sebesar 10 persen, sedang 2 pint sehari meningkatkan risiko hingga 25 persen Macam-macam Minuman Bersoda

Anda sedang membaca artikel tentang

Macam-macam Minuman Bersoda

Dengan url

http://berhentialkohol.blogspot.com/2012/04/macam-macam-minuman-bersoda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Macam-macam Minuman Bersoda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Macam-macam Minuman Bersoda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger