Bahaya Informasi Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Rabu, 18 April 2012 | 21.30

Bahaya Informasi Bagi Kesehatan Para peneliti dari Belanda menemukan, menonton adegan penggunaan alkohol yang digambarkan dalam film dan iklan alkohol membuat laki-laki minum lebih banyak bir dan anggur.

Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang menemukan bahwa menonton iklan alkohol atau penggunaan alkohol oleh tokoh dalam film mempengaruhi jumlah konsumsi alkohol.

 "Gambaran penggunaan alkohol pada layar TV memicu peningkatan jumlah konsumsi alkohol pada laki-laki dewasa muda," ujar Radboud, Rutger C.M.E. Engels Peneliti dari Radboud University Nijmegen.

Engels dan teman-temannya merekrut 40 mahasiswa laki-laki dan meminta mereka membawa teman. Masing-masing dari 40 pasangan duduk di laboratorium yang telah dilengkapi secara khusus: ada sofa yang nyaman, TV layar lebar, meja kecil dilengkapi dengan cemilan seperti keripik atau kacang, dan kulkas yang dipenuhi dengan bir, anggur dan minuman ringan.

Disediakan kamera tersembunyi yang merekam tingkah laku laki-laki ini ketika mereka menonton film yang menayangkan konsumsi alkohol (American Pie 2) atau film yang menayangkan sedikit adegan minum (40 Days and 40 Nights). Setiap film disertai dengan dua kali komersial break, salah salah film menggunakan iklan tentang alkohol dan yang satunya tidak.

Para peneliti menemukan bahwa laki-laki yang menyaksikan film dengan adegan alkohol yang banyak disertai dengan iklan alkohol, minum  1 1/2 bir atau 1 1/2 gelas anggur lebih banyak daripada laki-laki yang menonton film dengan adegan ekspose alkohol lebih sedikit dan tidak disertai dengan iklan alkohol.

Rata-rata partisipan sudah biasa mengenal alkohol, masing-masing partisipan ini minum 21 gelas alkohol per minggu. Agar mendapat hasil yang signifikan, para peneliti mengontrol laporan kebiasaan minum yang dilaporkan masing-masing partisipan.

Lebih dari 1/3 laki-laki melaporkan minum berat sekali atau dua kali seminggu, hanya satu yang mengaku sudah jarang mabuk, mabuk terakhir sudah satu tahun yang lalu.

Mengapa adegan minum alkohol di TV mempengaruhi laki-laki? Menurut Engel dan teman-temannya, orang cenderung meniru kebiasaan orang lain, dan gambaran mengenai minum alkohol di layar TV telah mendorong kebiasaan minum. Menyaksikan orang lain minum merupaka isyarat yang mengundang tingkah laku yang sama.

Ditemani oleh seorang teman juga menyumbang dampak tertentu."Mungkin saja adegan minum yang dilakukan oleh sekelompok orang di dalam film memicu proses sosial diantara dua partisipan sehingga mempengaruhi jumlah minuman mereka," terang Engel dan teman-temannya.

Menurut Peneliti, untuk memeprluas penemuan, perobaan ini sebaiknya diulangi lagi secara individu bukan berpasangan, dan secara berpasangan tetapi dengan perempuan.

 Peleitian ini dipublikasikan di jurnal online Alcohol and Alcoholism edisi 3 Maret Bahaya Informasi Bagi Kesehatan

Anda sedang membaca artikel tentang

Bahaya Informasi Bagi Kesehatan

Dengan url

http://berhentialkohol.blogspot.com/2012/04/bahaya-informasi-bagi-kesehatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bahaya Informasi Bagi Kesehatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bahaya Informasi Bagi Kesehatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger